Penulis / NIM
LUTFIYAH FADHILAH ANWAR / 431417005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, M.Si / 0014097902
Abstrak
Lutfiyah Fadhilah Anwar. 2022. "Hubungan Pembelajaran Daring dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. (Studi pada Siswa Kelas XII IPA SMA N di Kota Gorontalo). Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd dan Pembimbing (2) Dr. Dewi Wahyuni K. Baderan, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Jenis penelitian ini kuantitatif korelasional. Teknik sampling purposive sample dengan jumlah sampel 164 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi awal, wawancara dan angket. Teknik analisis data uji korelasi product moment. Hasil penelitian menemukan terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran daring dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan koefesien korelasi (r) = 0,675 kategori hubungan kuat pada taraf 0,5 % dengan nilai t hitung > t tabel = 11,671 > 1,654 yang menandakan semakin baik pelaksanaan pembelajaran daring, semakin baik pula minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Minat Belajar Siswa, Mata Pelajaran Biologi.
Download berkas