SKRIPSI

Penulis / NIM
DINA SULISTIANI MAKALUNSENGE / 431417006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. CHAIRUNNISAH JL, M.Si / 0021116603
Abstrak
ABSTRAK Dina Sulistiani Makalunsenge. 2022. Pengembangan LKPD Berbasis Blended Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran PRIMA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing 1: Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd. Co-Pembimbing 2: Dr. Chairunnisah J. Lamangantjo, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis blended learning pada materi perubahan lingkungan menggunakan model Pembelajaran PRIMA dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Batudaa Pantai pada semester genap tahun ajaran 2022 dengan sasaran penelitian adalah peserta didik kelas X IPA sebanyak 15 orang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis blended learning yang dikembangkan telah valid untuk digunakan di sekolah dengan hasil penilaian dari validator yaitu pada rentang skor 89.2% - 91.7% yang berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD berbasis blended learning dilihat dari beberapa tahap yaitu aktivitas peserta didik memperoleh hasil dengan nilai rata-rata 91,25% dengan kriteria sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran memperoleh hasil dengan nilai rata-rata 100% dengan kriteria sangat baik, dan respon peserta didik memperoleh hasil 93% dengan kriteria sangat layak. Keefektifan LKPD berbasis blended learning untuk melihat Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik diperoleh dari hasil analisis data yang menyatakan hasil sebelum pembelajaran (pretest) dan sesudah pembelajaran (posttest) menunjukkan hasil yaitu nilai posttest lebih besar dibandingkan dengan nilai pretest dengan N-gain skor yang menghasilkan 0,68 berkriteria sedang, dan nilai N-gain presentase (%) yaitu 68 dengan kategori tafsiran efektifitas N-gain cukup efektif. Dengan demikian LKPD berbasis blended learning layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi materi perubahan lingkungan di SMA kelas X. Kata Kunci: Lembar Kerja, Proyek, Riset, Masalah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011