Penulis / NIM
AMELIA E. PULUHULAWA / 431417009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, M.Si / 0014097902
Abstrak
ABSTRAK
Amelia E. Puluhulawa. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Abubakar Sidik Katili, S.Pd., M.Sc. Pembimbing 2: Dr. Dewi Wahyuni K. Baderan, S.Pd., M.Si.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan media pembelajaran e-modul interaktif berorientasi kemampuan pemecahan masalah pada materi keanekaragaman hayati. Kriteria e-modul pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini telah valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini menggunakan 6 instrumen yaitu: instrumen wawancara, instrumen validasi, instrumen respon siswa, instrumen penilaian keterlaksanaan pembelajaran, instrumen penilaian aktivitas peserta didik, dan instrumen penilaian hasil belajar (pre-test dan post-test). Hasilnya menemukan bahwa uji validitas berdasarkan hasil penilaian validator ahli materi, ahli media, dan guru memperoleh skor masing-masing 95.10%, 85.83%, dan 94.17% (sangat baik). Tes kepraktisan untuk hasil keterlaksanaan pembelajaran dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan skor 94.12%, hasil aktivitas peserta didik dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan skor masing-masing adalah 85%, dan 87.62%, dan hasil respon peserta didik pada kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan skor masing-masing adalah 85%, dan 87.9% (semua hasil tersebut termasuk kategori sangat praktis. Uji efektivitas berdasarkan hasil analisis N-Gain pada uji coba kelompok kecil mendapat nilai 0.64 (cukup efektif), dan uji coba kelompok besar mendapat nilai 0.70 (efektif). Penulis menyimpulkan e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo
Kata Kunci: E-Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah, Penelitian Pengembangan
Download berkas