SKRIPSI

Penulis / NIM
AMELIA E. PULUHULAWA / 431417009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, M.Si / 0014097902
Abstrak
ABSTRAK Amelia E. Puluhulawa. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Abubakar Sidik Katili, S.Pd., M.Sc. Pembimbing 2: Dr. Dewi Wahyuni K. Baderan, S.Pd., M.Si. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan media pembelajaran e-modul interaktif berorientasi kemampuan pemecahan masalah pada materi keanekaragaman hayati. Kriteria e-modul pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini telah valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini menggunakan 6 instrumen yaitu: instrumen wawancara, instrumen validasi, instrumen respon siswa, instrumen penilaian keterlaksanaan pembelajaran, instrumen penilaian aktivitas peserta didik, dan instrumen penilaian hasil belajar (pre-test dan post-test). Hasilnya menemukan bahwa uji validitas berdasarkan hasil penilaian validator ahli materi, ahli media, dan guru memperoleh skor masing-masing 95.10%, 85.83%, dan 94.17% (sangat baik). Tes kepraktisan untuk hasil keterlaksanaan pembelajaran dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan skor 94.12%, hasil aktivitas peserta didik dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan skor masing-masing adalah 85%, dan 87.62%, dan hasil respon peserta didik pada kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan skor masing-masing adalah 85%, dan 87.9% (semua hasil tersebut termasuk kategori sangat praktis. Uji efektivitas berdasarkan hasil analisis N-Gain pada uji coba kelompok kecil mendapat nilai 0.64 (cukup efektif), dan uji coba kelompok besar mendapat nilai 0.70 (efektif). Penulis menyimpulkan e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo Kata Kunci: E-Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah, Penelitian Pengembangan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011