SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWATI GOBEL / 431417019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstrak
Rahmawati Gobel. 2022. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Materi Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis di Kelas IV SD. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1)Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd (2) Dr. Abubakar Sidik Katili, S.Pd, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid pada pembelajaran IPA materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam dalam melatih kemampuan berpikir kritis di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model four-D (4-D) dengan beberapa tahap yakni Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), (4) Penyebaran (Disseminate), akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan yaitu tahap uji validasi ahli. Instrument yang digunakan terdiri dari instrument wawancara dan instrument validasi. Teknik analisis data menggunakan lembar penilaian validator ahli didukung rumus perhitungan setiap aspek yang dinilai. Hasil validasi ahli materi untuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mendapatkan presentase rata-rata sebesar 91,11% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli materi untuk lembar kerja peserta didik (LKPD) mendapatkan presentase rata-rata sebesar 82,22% dengan kategori layak, hasil validasi ahli materi untuk bahan ajar mendapatkan presentase rata-rata sebesar 87,05% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli perangkat pembelajaran untuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mendapatkan presentase rata-rata sebesesar 82,22% dengan kategori layak, hasil validasi ahli perangkat pembelajaran untuk lembar kerja peserta didik (LKPD) mendapatkan presentase rata-rata sebesar 84,44% dengan kategori layak, hasil validasi ahli perangkat pembelajaran untuk bahan ajar mendapatkan presentase rata-rata sebesar 84,70% dengan kategori layak. Validasi praktisi/guru memperoleh presentase rata-rata sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam pembelajaran IPA materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, RPP, LKPD, Bahan ajar, Berpikir Kritis.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011