Penulis / NIM
SRI YUSTIKASARI S. LAMAKA / 431417033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Abstrak
Sri Yustikasari S Lamaka, 2022. Pengembangan E-modul Berbasis Blended Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran PRIMA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ramli Utina, M.Pd (2) Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan validitas e-modul pembelajaran berbasi blended learning dengan menggunakan model pembelajaran PRIMA untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan Kelas X, Mendeskripsikan kepraktisan e-modul pembelajaran berbasis blended learning dengan menggunakan model pembelajaran PRIMA dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan Kelas X, Mendeskripsikan keefektifan e-modul pembelajaran berbasis blended learning dengan menggunakan model pembelajaran PRIMA yang dikembangkan untuk digunakan sebagai e-modul pembelajaran di SMA Kelas X. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 20 peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo tahun 2021/2022. Instrumen pengumpulan data yang digunakan Validasi, Respon berupa angket. Teknik analisisnya yang menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa e-modul berbasis blended learning yang dihasilkan memenuhi standar kelayakan, hal ini dilihat dari hasil validasi ahli materi yang dapat memperoleh presentase tiap aspek yaitu 90%, 92,72%, dan 100% dengan kriteria sangat valid dan hasil validasi dari ahli media memperoleh persentase tiap aspek yaitu 82,14% dan 84,61% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji standar kelayakan dari e-modul berbasis blended learning ini diperkuat dari hasil uji coba produk kepada guru dan peserta didik yang memberikan respon positif terhadap e-modul berbasis blended learning ini.
Kata Kunci: E-modul, Blended Learning, Perubahan Lingkungan, Pembelajaran PRIMA, Keterampilan Proses sains.
Download berkas