Penulis / NIM
KRISANTI PUTRI BAKARI / 431417054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. CHAIRUNNISAH JL, M.Si / 0021116603
Abstrak
Krisanti Putri Bakari. 2022. Pengembangan RPP Berbasis Bleanded Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran PRIMA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Di SMA N 4 Gorontalo Tahun Ajaran 2021/2022. Program Studi Penidikan Biologi, Jurusan Biologi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd Sebagai Pembimbing I Dan Ibu Dr. Chairunnisah. J. Lamangantjoh, M.Si Sebagai Pembimbing II.
Penelitian pengembangan merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP berbasis blended learning pada materi perubahan lingkungan menggunakan model pembelajaran PRIMA yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Sasaran penelitian yaitu kelas X IPA 2 tahun ajaran 2021/2022 dengan melibatkan 14 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan (1) kevalidan dimana RPP yang dikembangkan memperoleh hasil presentase 97% dengan memperoleh kategori sangat valid. (2) kepraktisan dimana keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai presentase 95% dengan kategori sangat baik. Respon peserta didik memperoleh nilai presentase 95%. (3) keefektifan dimana tes hasil keterampilan proses sains memperoleh nilai presentase pretest 12% dan posttest 63% dan nilai n-gain yang diperoleh 0,6 dengan kategori sedang. Aktivitas peserta didik memperoleh nilai presentase 69% dengan kategori cukup.
Kata Kunci: Bleanded Learning, Perubahan Lingkungan, Keterampilan Proses Sains
Download berkas