Penulis / NIM
NINA TANJUNG API / 431417055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Pembimbing 2 / NIDN
WIRNANGSI D UNO, S.Pd., M.Kes / 0029066903
Abstrak
Nina Tanjung Api, 2022. Pengembangan LKPD Berorientasi High Order Thinking Skills Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo) Skripsi. Program Studi SI Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Jusna Ahmad, M.Si (2) Wirnangsi Din Uno, S.Pd, M.Kes.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan (1) untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi pencemaran lingkungan, (2) untuk mendeskripsikan kepraktisan lembar kerja peserta didik berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi pencemaran lingkungan, (3) untuk mendeskripsikan keefektifan lembar kerja peserta didik berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi pencemaran lingkungan yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Four-D (4D). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument dan tes yang dilakukan sebelum serta sesudah produk digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD berorientasi HOTS yang dikembangkan dapat digunakan saat pembelajaran, dilihat dari presentase tiap aspek yang diperoleh dari 3 validator yaitu validator I sebesar 97%, validator II sebesar 73% dan validator III sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Selain itu kepraktisan LKPD berorientasi HOTS dilihat dari tiga tahap yaitu aktivitas peserta didik keterlaksanaan pembelajaran, dan respon peserta didik terhadap LKPD berorientasi HOTS hasilnya masing-masing adalah 88,28%, 100% dan 87% dengan kriteria sangat baik. Keefektifan LKPD berorientasi HOTS diperoleh dari hasil analisis data yang menyatakan bahwa hasil pretest dan postest yang dilakukan pada saat pembelajaran menunjukkan hasil berbeda yaitu postest lebih besar daripada hasil pretest dengan menggunakan N-gain score bernilai 0,7 berkriteria tinggi, sedangkan nilai N-gain score % dengan nilai 78 berkategori efektif. Dengan demikian LKPD berorientasi HOTS layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP.
Kata Kunci: LKPD, Higher Order Thinking Skills, Pencemaran Lingkungan
Download berkas