Penulis / NIM
FRANSISKA RADJAK / 431418004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA 1 SMA N 1 Suwawa bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan literasi sains peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Tagart dengan menggunakan 3 siklus, dengan tahapan penelitian yakni a) Perencanaan, b) Pelaksanaan atau tidakan, c) Observasi, d) Refleksi. Berdasarkan analisis instrumen dan analisis hasil belajar untuk mengukur literasi sains, dapat diketahui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan pengetahuan literasi sains peserta didik yang meliputi 3 indikator diantaranya adalah mengidentiikasi pertanyaan ilmiah, menjelaskan fenomena secara ilmiah, dan menggunakan bukti ilmiah, hal ini dibuktikan dengan adanya perbaikan pengelolaan kelas dan aktivitas peserta didik, serta perbaikan hasil belajar yang dicapai yang menunjukkan peningkatan literasi sains peserta didik. Karakteristik materi metabolisme yang pada umumnya membutuhkan pemahaman yang lebih, dapat dilengkapi dengan penerapan model pembelajaran NHT yang mengendapankan kerja sama dan berbagi antar teman sabaya yang juga menuntut tanggung jawab terhadap diri sendiri karena adanya pemanggilan nomor secara acak. Kelebihan model pembelajaran NHT yang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, mampu memperdalam pemahaman peserta didik, melatih tanggung jawab peserta didik, menyenangkan peserta didik dalam belajar, mengembangkan rasa ingin tahu siswa dan meningkatkan rasa percaya diri juga ikut meningkatkan pengetahuan literasi sains peserta didik karena melibatkan peserta didik dengan lingkungan belajarnya, dan kegiatan berpikir bersama.
Download berkas