Penulis / NIM
RAHWILIN VAN GOBEL / 431418005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk baru yaitu suplemen bahan ajar berbasis kajian tanaman yang tercekam kekeringan untuk mata pelajaran Biologi materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, yang terintegrasi dengan kategori valid, praktis dan efektif. Prosedur pengembangan suplemen bahan ajar menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap revisi suplemen bahan ajar materi pertumbuhan dan perkembangan berbasis kajian tanaman yang tercekam kekeringan setelah uji coba terbatas. Subjek uji coba dan implementasi dengan skala terbatas yaitu melibatkan 20 orang peserta didik kelas XII IPA3 SMA Negeri 4 Gorontalo. Berdasarkan hasil validasi yang terdiri dari validasi isi memperoleh nilai rata-rata 84% dengan kategori valid, validasi konstruk memperoleh nilai rata "rata 73% dengan kategori valid. Hasil analisis kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata " rata 100% dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik memperoleh nilai 76,87% dengan kategori baik serta angket respon peserta didik mencapai skor rata " rata 88,07% dengan kategori sangat baik. Analisis keefektifan dilihat dari nilai pretest dan postest dengan nilai rata "rata pretest 39.5% dan postest 86.09%. Peningkatan hasil belajar memperoleh nilai presentase N-Gain 86.84 % dengan kategori efektif
Download berkas