SKRIPSI

Penulis / NIM
KURNIASI PAPUTUNGAN / 431418006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HARTONO D MAMU, M.Pd / 0009046505
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstrak
ABSTRAK KURNIASI PAPUTUNGAN. 2022. Efektivitas Model Discovery Learning dan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 4 Gorontalo. Program Studi S1-Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing (1) Dr. Hartono D. Mamu, M.Pd (2) Dr. Abubakar Sidik Katili, S.Pd., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning dan model contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi ekosistem di kelas X. Metode penelitian ini menggunakan quasi exsperimental, dengan menggunakan desain postest only with Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes essay. Analisis data yang digunakan yakni uji t-test. Hasil penelitian pada kelas X IPA 1 yang menerapkan model discovery learning menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi sebelum perlakuan menunjukkan rata-rata nilai sebesar 28,17 dan setelah perlakuan diperoleh rata-rata nilai sebesar 84,34. Hal ini menujukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebelum dan sesudah perlakuan atau dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah diterapkan model discovery learning. Pada kelas X IPA 2 yang menerapkan model contextual teaching and learning menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada saat sebelum perlakuan yang menunjukkan rata-rata nilai sebesar 22,06 dan setelah perlakuan diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,35 sehingga dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah diterapkan model contextual teaching and learning. Dapat disimpulkan,bahwa kedua model pembelajaran ini efektif. Keefektifan untuk model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi terfokus pada sintaks stimulasi, peserta didik akan dihadapkan pada suatu masalah sedangkan model contextual teaching and learning menekankan pada kontruksi pengetahuan lewat fakta-fakta dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Efektivitas, Discovery Learning, Contextual Teaching and Learning, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011