Penulis / NIM
KURNIASI PAPUTUNGAN / 431418006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HARTONO D MAMU, M.Pd / 0009046505
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstrak
ABSTRAK
KURNIASI PAPUTUNGAN. 2022. Efektivitas Model Discovery Learning dan Model
Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Peserta Didik Kelas X pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 4 Gorontalo. Program
Studi S1-Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing (1) Dr. Hartono
D. Mamu, M.Pd (2) Dr. Abubakar Sidik Katili, S.Pd., M.Sc
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning
dan model contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi
peserta didik pada materi ekosistem di kelas X. Metode penelitian ini menggunakan
quasi exsperimental, dengan menggunakan desain postest only with Non-Equivalent
Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes essay. Analisis
data yang digunakan yakni uji t-test. Hasil penelitian pada kelas X IPA 1 yang
menerapkan model discovery learning menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat
tinggi sebelum perlakuan menunjukkan rata-rata nilai sebesar 28,17 dan setelah
perlakuan diperoleh rata-rata nilai sebesar 84,34. Hal ini menujukkan adanya perbedaan
kemampuan berpikir tingkat tinggi sebelum dan sesudah perlakuan atau dapat dikatakan
bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah diterapkan model
discovery learning. Pada kelas X IPA 2 yang menerapkan model contextual teaching and
learning menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada saat
sebelum perlakuan yang menunjukkan rata-rata nilai sebesar 22,06 dan setelah perlakuan
diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,35 sehingga dapat dikatakan bahwa ada peningkatan
kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah diterapkan model contextual teaching and
learning. Dapat disimpulkan,bahwa kedua model pembelajaran ini efektif. Keefektifan
untuk model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
terfokus pada sintaks stimulasi, peserta didik akan dihadapkan pada suatu masalah
sedangkan model contextual teaching and learning menekankan pada kontruksi
pengetahuan lewat fakta-fakta dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Efektivitas, Discovery Learning, Contextual Teaching and Learning, dan
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Download berkas