Penulis / NIM
SILPIAN MOHAMAD / 431418007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, M.Si / 0014097902
Abstrak
SILPIAN MOHAMAD. 2023. Perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Interactive Learning dan Discovery Learning (Penelitian di Kelas X IPA SMA Negeri 4 Gorontalo). Program Studi S1-Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing (1) Dr. Abubakar Sidik Katili, S.Pd., M.Sc (2) Dr. Dewi Wahyuni Kyai Baderan, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan yang menggunakan model interactive learning dan discovery learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental researach dengan desain penelitian pretest posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data menggunakan metode cluster random sampling. Jumlah sampel 64 siswa berasal dari 2 kelas yakni kelas X IPA 3 yang diterapkan model interactive learning dan kelas X IPA 4 yang diterapkan model discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan aktivitas belajar siswa pada ke dua kelas. diperoleh informasi bahwa pada kelas interactive learning kriteria aktivitas belajar sangat baik pada semua aspek yang diaamati sedangkan kelas discovery learning terdapat satu aspek yang memiliki kriteria sangat baik dan lima aspek lainnya memiliki kriteria baik Berdasarkan hasil analisis normalitas N-Gain menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terdapat perbedaan untuk kedua kelas yang di amati. Pada kelas interactive learning nilai normalitas N-Gain mencapai 0,70 (kategori tinggi) pada kelas discovery learning mencapai 0,46 (kategori sedang).
Kata kunci: Interactive Learning, Discovery Learning, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar.
Download berkas