Penulis / NIM
YUSLIA / 431418011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Pembimbing 2 / NIDN
ILYAS H. HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0002098902
Abstrak
YUSLIA. 2022. Validitas Dan Kepraktisan Media Diorama Pada Materi Ekosistem Kelas X SMAN 1 Tapa. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing 1: Prof. Dr. Ramli Utina, M.Pd, Pembimbing 2: Ilyas Husain, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan media diorama pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu: (1) tahap analysis terdiri dari analisis kebutuhan guru, analisi kebutuhan siswa dan analisis materi pelajaran., (2) tahapan design yaitu merancang media diorama materi ekosistem., (3) tahap development yaitu tahap mengembangkan media dengan menguji validitas media oleh ahli media dan ahli materi, hasil validitas ahli media dan ahli materi pada media diorama materi ekosistem dinyatakan valid dengan presentase kevalidan sebesar 80% dengan kategori valid. (4) tahap implementation dilihat dari kepraktisan media diorama melalui angket respon guru mata pelajaran biologi dan siswa, hasil respon guru pada media diorama diperoleh persentase kepraktisan sebesar 96%, dan tanggapan siswa terhadap pengembangan media diorama diperoleh kepraktisan 90% dengan kategori sangat praktis.
Kata kunci: validitas, kepraktisan, media diorama
Download berkas