Penulis / NIM
NUR FATRAH PAKAYA / 431418012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan proses sains pada lembar RPP mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui adanya aspek-aspek keterampilan proses sains didalam RPP yang digunakan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan diuji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi kelas XI, dan data sekunder diperoleh dari catatan atau dokumentasi berupa RPP biologi kelas XI semester ganjil. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh RPP yang terdiri dari 21 kali pertemuan, terdapat 3 rumusan KPS didalamnya, yakni keterampilan mengamati, keterampilan mengajukan pertanyaan, dan keterampilan berkomunikasi. KPS lain diperoleh berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, yakni keterampilan mengklasifikasi pada materi sel pertemuan 2, materi sel pertemuan 3, materi struktur dan fungsi tulang pertemuan 1, materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan pertemuan 1, materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan pertemuan 1, materi struktur dan fungsi sel pada sistem pencernaan pertemuan 1, materi struktur dan fungsi sel pada sistem pencernaan pertemuan 3, dan materi struktur dan fungsi sistem peredaran darah pertemuan 1. Sementara, untuk seluruh KPS yang diteliti terdapat pada materi transport membrane dan uji zat makanan.
Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Keterampilan Proses Sains (KPS)
Download berkas