Penulis / NIM
TISKA RASYID / 431418060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Pembimbing 2 / NIDN
HERINDA MARDIN, S.Si., M.Pd / 0001068906
Abstrak
ABSTRAK
TISKA RASYID.2022. Implementasi Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Konservasi dan Kemampuan Literasi Digital Dalam Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Pesisir. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing 1: Dr. Abubakar Sidik Katili, S.Pd, M.Sc. Pembimbing 2: Herinda Mardin, S.Si, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan media pembelajaran e-book pada peserta didik kelas VI SDN 04 Popayato. Metode penelitian ini menggunakan eksperimental, dengan desain true eksperimenal design dalam bentuk Posttest-Only Control Design. Terdapat 2 kelas eksperimen yakni kelas ekeprimen 1 SDN 04 Popayato dan eksperimen 2 di SDN 09 Popayato. Hal ini didasarkan pada perlunya kelas pembanding, dalam mengkaji karakter konservasi dan kemampuan literasi digital dalam mata pelajaran IPA yang ditumbuhkan pada siswa di sekolah wilayah pesisir.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif yang terdiri dari analisis presentase kuisioner dan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen 1 rata-rata presentase karakter konservasi sebesar 86.82% dan persentase literasi digital sebesar 88.55%, sedangkan pada kelas eksperimen 2 menunjukan rata-rata presentase kuisioner karakter konservasi sebesar 70.60% dan kuisioner literasi digital sebesar 60.03%, hasil uji t-test kuisioner karakter konservasi dan kuisioner literasi digital menunjukan 0.00 < 0.05 artinya terdapat perbedaan karakter konservasi dan kemampuan literasi digital yang ditumbuhkan pada siswa dalam mata pelajaran IPA di sekolah pesisir. Hal ini disebabkan oleh, kelas eskperimen 1 sepenuhnya menggunakan handphone dalam pembelajaran sedangkan kelas eskperimen 2 belum memanfaatkan handphone sebagai media pembelajaran namun memanfaatkan buku teks. Fakta ini menyebabkan karakter konservasi yang tumbuhkan pada kedua kelas eksperimen berada pada tingkat yang baik, berdasarkan hasil uji t-test. Sedanglan kemampuan literasi digital pada kedua kelas eksperimen menunjukkan perbedaan yang signifikan dimana untuk kelas eksperimen 2 lebih rendah daripada kelas eksperimen 1.
Kata kunci: Penerapan, e-book, buku teks, karakter konservasi, kemampuan literasi
digital.
Download berkas