SKRIPSI

Penulis / NIM
KIKI RESKI YANTI / 431418063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan karakter peduli lingkungan melalui penerapan Problem Based Learning berbasis HOTS pada pembelajaran IPA. Penelitian deskriptif kuantitatif. ini menggukanan one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara guru dan siswa, tes kepada siswa. Penelitian dilakukan di Kelas V SDN 08 Popayato, Wilayah pesisir Torosiaje. Analisis data menggunakan uji N-Gain, uji Normalitas dan uji T-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain untuk pengetahuan tentang ekosistem siswa kelas V SDN 08 Popayato adalah 72,2886. Kemudian dari aspek sikap peduli lingkungan cukup efektif. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang berorientasi pada masalah dunia nyata. Kata kunci: Berpikir Tingkat Tinggi; HOTS; Sikap peduli lingkungan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011