SKRIPSI

Penulis / NIM
RINNA AMELIA POLIHITO / 431418078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstrak
ABSTRAK RINNA AMELIA POLIHITO. 2022. Penerapan Pembelajaran Berbasis Taksonomi Numerik Pada Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Keterampilan Mengelompokkan Makhluk Hidup Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Masra Latjompoh, M.Pd (2) Prof. Dr. Novri Youla Kandowangko M.P. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis Taksonomi Numerik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Plantae. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu pre-eksperimen dengan rancangan one-group pre-test and post-test design. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 semester genap pada Tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan rubrik penilaian hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus aktivitas guru, aktivitas siswa, nilai rata-rata Pre-test dan Post-test dan N-gain siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, nilai keterlaksanaan guru sebesar 93,16% kategori sangat baik, aktivitas siswa menunjukkan hasil 91,66% kategori sangat baik. Nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dilihat dari nilai post-test lebih tinggi dari pada nilai pre-test serta ketuntasan secara N-Gain. Nilai yang diperoleh siswa pada pertemuan I pre-test 39.71% dan post-test 84.41%, pertemuan II pre-test 40.00% dan post-test 84.12% dan pertemuan III pre-test 40.29% dan post-test 85.00%. Nilai N-Gain pertemuan I 0,75%, pertemuan II 0,74%, dan pertemuan III 0,76 dengan kriteria tinggi. Aktivitas siswa beserta hasil belajar yang mengalami peningkatan dapat disimpulkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis taksonomi numerik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelompokkan makhluk hidup pada materi plantae. Kata Kunci : Taksonomi Numerik, Hasil Belajar, Plantae
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011