Penulis / NIM
YUHA SEPTIANA / 433415006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Yuha Septiana. 2020. Meningkatkan Hasil belajar Kognitif siswa menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Gerak pada Benda dan Makhluk Hidup dilingkungan Sekitar di Kelas VIII6 SMP Negeri 1 Telaga. Program Studi Pendidikan IPA, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Univeritas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Ritin Uloli, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Tirtawaty Abjul, M. Pd
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning pada materi gerak pada benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar di kelas VIII6 SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2019-2020 dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Penelitian tindakan kelas terdiri atas 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obervasi, refkelsi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukan bahwa dari 31 orang peserta didik terdapat 21 orang yang tuntas atau sebesar 68 % dan 10 orang peserta didik yang tidak tuntas atau sebesar 32 %. Siklus II menunjukan terjadinya peningkatan pada hasil belajar peserta didik sebesar 87 % atau 27 orang peserta didik yang tuntas dan 13 % atau 4 orang peserta didik yang tidak tuntas. Berdasarkan data, maka disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Problem Based Learning; Hasil belajar, Gerak pada benda dan makhluk hidup dilingkungan sekitar.
Download berkas