Penulis / NIM
MISNAWATI HASAN / 433415009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstrak
Misnawati Hasan.2020. Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiri pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di Kelas VIII4 SMPN 1 TALAGA. Program Studi Pendidikan IPA, Jurusan Fisika, fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negara Gorontalo.Pembimbing 1 Dr.Masra Latjompoh, M.Pd, dan Pembimbing 2 Dr. Jusna Ahmad, M.Si.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran Inquiri pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di Kelas VIII4 SMPN 1 TALAGA. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2019-2020 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Penelitian tindakan kelas terdiri atas 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar pengalaman aktifitas guru, lembar pengamatan aktif siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I menujukan bahwa dari 24 orang siswa terdapat 8 orang siswa yang tuntas dan 16 orang siswa lainnya tidak tuntas Siklus II menunjukan terjadinya peningkatan pada hasil belajar siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau sebesar 100% dengan nilai 75-100%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan.
Kata kunci:Inquiri; Hasil belajar
Download berkas