Penulis / NIM
MUH. FIKRAN M. SULEMAN / 433415018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Muh. Fikran M. Suleman.2021. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Hsil Belajar Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP. Program studi Pendididkan IPA, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Tirtawaty Abdul, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam penggunaan smartphon terhadap belajar siswa pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan quasi eksperimen. Adapun tempat pelaksanaannya dilakukan di SMP Negeri 4 Gorontalo Kelas VIII dengan subjek penelitian kelas VIII 2 dengan jumlah peserta didik 30, kelas VIII 3 dengan jumlah peserta didik 24, dan kelas VIII 6 dengan jumlah peserta didik 28. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan berdasarkan penilaian hasil test oleh peserta didik. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas data dan uji t. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui harga t hitung pada tiga kelas yaitu, kelas VIII2 6,98, Kelas VIII 3 8,74, Kelas VIII 6 3,93 dimana harga ini lebih besar dari 1,67 yang merupakan harga t tabel, maka maka H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan smartphone terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana. Dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest peserta didik dari kelas eksperimen dan kelaas replikasi maka dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi pesawat sederhana dengan N-gain kriteria N-gain level kognitif.
Kata kunci : Smartphone, Hasil belajar, Materi Pesawat Sederhana
Download berkas