Penulis / NIM
ANDI MEGAWATI ANDI UKAS / 433416002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstrak
ABSTRAK
Andi Megawati Andi Ukas 2022. "Penerapan Model Pembelajaran KooperatifpTipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Suatu Penelitian diMKelas VIIA 9 SMP 4 NEGERI 11 Talaga Jaya). Program Studi Pendidikan IPA.KFakultasNMatematikaNdanIIlmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Prof.Dr. Elya Nusantari, M.Pd Pembimbing I dan Dr. Abubakar Sidik Katili , S.Pd, M.Sc sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA pada materi pencemaran lingkungan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Pada penelitian ini,peneliti mengunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data yang ada. Berdasarkan analisis data pada siklus I dari 26 siswa yang mengikuti tes terdapat 65% atau 17 siswa yang tuntas dan 35% atau 9 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai ketuntasan sebesar 81% atau 21 siswa yang tuntas dan 19% atau 5 siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta keterampilan social siswa,pada Materi Pencemaran Lingkungan
Kata Kunci : Hasil belajar, group investigation ,PTK
Download berkas