SKRIPSI

Penulis / NIM
RIZA LARASATI MOHUNE / 433416004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB pada materi tekanan zat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data pada siklus I dari 26 siswa yang mengikuti tes terdapat 65% atau 17 siswa yang tuntas dan 35% atau 9 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai ketuntasan sebesar 81% atau 21 siswa yang tuntas dan 19% atau 5 siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta keterampilan sosial siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011