SKRIPSI

Penulis / NIM
MERLIYANA ABIDJU / 433416008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Merliyana Abidju. 2020. Analisis Karakter Siswa Kategori Tinggi, Sedang dan Rendah Dalam Pembelajaran IPA (Suatu Penelitian yang dilaksanakan di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Talaga Jaya). Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alami (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mengkaji atau mengungkap gambaran nilai karakter siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VIII A SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi nilai karakter siswa. Subjek penelitian sejumlah 6 orang yang dipilih sesuai nilai akhir semester yang terdiri dari kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dalam menganalisis data nilai karakter siswa yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (a) Nilai karakter yang sudah membudaya (M) dalam pembelajaran IPA pada siswa kategori tinggi yaitu disiplin, komunikatif dan toleransi. Sedangkan nilai karakter yang mulai berkembang (MB) dalam pembelajaran IPA yaitu rasa ingin tahu dan untuk nilai karakter yang mulai terlihat (MT) yaitu jujur dan tanggung jawab; (b) Nilai karakter yang sudah membudaya (M) dalam pembelajaran IPA pada siswa kategori sedang yaitu disiplin, komunikatif dan toleransi. Sedangkan nilai karakter yang mulai terlihat (MT) dalam pembelajaran IPA yaitu jujur, rasa ingin tahu dan tanggung jawab; (c) Nilai karakter yang sudah membudaya (M) dalam pembelajaran IPA pada siswa kategori rendah yaitu disiplin dan toleransi. Sedangkan nilai karakter yang mulai terlihat (MT) dalam pembelajaran IPA yaitu rasa ingin tahu dan tanggung jawab dan untuk karakter yang belum terlihat (BT) yaitu jujur dan komunikatif. Hal ini menunjukkan bahwa perlunya perbaikan dan bimbingan pada nilai karakter jujur, rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Karakter Siswa, Pembelajaran IPA
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011