Penulis / NIM
MERLIYANA ABIDJU / 433416008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Merliyana Abidju. 2020. Analisis Karakter Siswa Kategori Tinggi, Sedang dan Rendah Dalam Pembelajaran IPA (Suatu Penelitian yang dilaksanakan di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Talaga Jaya). Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alami (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan mengkaji atau mengungkap gambaran nilai karakter siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VIII A SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi nilai karakter siswa. Subjek penelitian sejumlah 6 orang yang dipilih sesuai nilai akhir semester yang terdiri dari kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dalam menganalisis data nilai karakter siswa yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (a) Nilai karakter yang sudah membudaya (M) dalam pembelajaran IPA pada siswa kategori tinggi yaitu disiplin, komunikatif dan toleransi. Sedangkan nilai karakter yang mulai berkembang (MB) dalam pembelajaran IPA yaitu rasa ingin tahu dan untuk nilai karakter yang mulai terlihat (MT) yaitu jujur dan tanggung jawab; (b) Nilai karakter yang sudah membudaya (M) dalam pembelajaran IPA pada siswa kategori sedang yaitu disiplin, komunikatif dan toleransi. Sedangkan nilai karakter yang mulai terlihat (MT) dalam pembelajaran IPA yaitu jujur, rasa ingin tahu dan tanggung jawab; (c) Nilai karakter yang sudah membudaya (M) dalam pembelajaran IPA pada siswa kategori rendah yaitu disiplin dan toleransi. Sedangkan nilai karakter yang mulai terlihat (MT) dalam pembelajaran IPA yaitu rasa ingin tahu dan tanggung jawab dan untuk karakter yang belum terlihat (BT) yaitu jujur dan komunikatif. Hal ini menunjukkan bahwa perlunya perbaikan dan bimbingan pada nilai karakter jujur, rasa ingin tahu dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Karakter Siswa, Pembelajaran IPA
Download berkas