Penulis / NIM
MARIANA OLIVIA DUKALANG / 433417002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Mariana Olivia Dukalang. 2021. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Melalui Model Discovery Learning Terhadap Literasi Sains Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan. Program studi Pendidikan IPA, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Ritin Uloli, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Dr.Tirtawaty Abdul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis kearifan lokal melalui model Discovery Learning terhadap Literasi Sains pada materi Energi dalam Sistem Kehidupan. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental. Sasaran penelitian ini yaitu kelas VII IPA di SMP Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2020/2021, yang melibatkan tiga kelas VII IPA semester ganjil 2020/2021 dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimental dan desain One Groups Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes Literasi sains Pretest-Posttest. Dari hasil uji hipotesis pada tes pretest diperoleh thitung (-8,89) dan ttabel (152,57) dan uji hipotesis pada tes posstest diperoleh thitung (-42,83) dan ttabel (152,57), dapat dsimpulkan bahwa H0 diterima dan Hα ditolak. Hasil uji N-gain pada setiap kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas replikasi sama-sama memiliki kriteria tinggi, dimana kelas eksperimen diperoleh 0.78, kelas replikasi 1 diperoleh 0.79 dan kelas replikasi 2 diperoleh 0.79. Dengan demikian pembelajaran berbasis kearifan lokal melalui model discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan literasi sains siswa materi energi dalam sistem kehidupan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Gorontalo.
Kata Kunci : Literasi Sains, Kearifan Lokal, Discovery Learning
Download berkas