Penulis / NIM
RESKIYATI / 433418008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Reskiyati. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbatuan Google Sites Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Ibu Dr. Supartin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas (valid, praktis dan efektif) media pembelajaran berbantuan google sites pada materi getaran, gelombang dan bunyi tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop and Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Gorontalo kelas VIII dengan jumlah peserta didik 20 untuk ujicoba terbatas dan di SMP Muhammadiyah Batudaa kelas VIII dengan jumlah peserta didik 40 untuk ujicoba meluas. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui validasi, keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan analisis validitas, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan Google Sites yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: 1) Validitas, ditinjau dari hasil validasi media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4 (valid) dan hasil validasi tes hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 3,3 (valid); 2) Kepraktisan, ditinjau dari hasil keterlaksanaan pembelajaran uji coba terbatas memperoleh nilai rata-rata sebesar 81% (baik) dan uji coba meluas sebesar 84% (baik), sedangkan hasil angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh nilai sebesar 79% (baik) dan uji coba meluas sebesar 84% (baik); dan 3) Keefektifan, ditinjau dari hasil observasi aktivitas peserta didik pada uji coba terbatas sebesar 83% (baik) dan uji coba meluas sebesar 85% (baik), sedangkan nilai N-Gain hasil belajar peserta didik meliputi preetest dan posttest pada uji coba terbatas memperoleh nilai sebesar 0,60 (sedang) dan uji coba meluas sebesar 0,62 (sedang). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan google sites telah memenuhi kualitas valid, praktis dan efektif serta layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Google Sites
Download berkas