Penulis / NIM
IRA EKAWATI HASRAT / 441407027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Ira Ekawati Hasrat, 2015. "Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Terhadap Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Instrumen Tes Three-tier Multiple Choice Diagnostic". Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Dr. Lukman A. R. Laliyo, M.Pd, MM.
Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik karena bersifat abstrak dan memiliki karakteristik di setiap konsep serta penggunaan beberapa istilah yang berbeda dengan istilah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam mempelajarinya menimbulkan kesulitan yang mengakibatkan miskonsepsi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa terhadap materi kesetimbangan kimia.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Muhamadiyah 2 Kota Tidore Kepulauan menggunakan tes three-tier multiple choice diagnostic yang mengukur 11 indikator. Instrumen ini dapat membedakan antara siswa yang paham dan tidak paham konsep serta siswa yang mengalami miskonsepsi. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa 14,60% siswa paham konsep, 22,27% siswa yang tidak paham dan 63,13% siswa yang mengalami miskonsepsi.
Kata kunci: Pemahaman konsep, tes diagnostik three-tier, kesetimbangan kimia
Download berkas