Penulis / NIM
KAMARUDIN B. MAHASARI / 441407030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTAK
Kamarudin B. Mahasari. 2012. Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit Pada Siswa Kelas X SMA di Kota Gorontalo Tahun palajaran 2011/2012. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Nita Sulaiman ST.MT, dan Pembimbing II Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd. MM.
Penelitian ini bermaksud mengidentifikasi kemampuan pemahaman konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit pada siswa kelas X SMA di Kota Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012, Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X SMA di Kota Gorontalo, berjumlah 98 orang siswa, persen dari populasi 996 orang siswa dengan mengunakan teknik sampel acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 19 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit pada siswa kelas X SMA di Kota Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012. Dari hasil uji coba instrumen tes diperoleh validasi isi 100% dan koefisien reliabilitas 0,99.
Berdasarkan data hasil penelitian didapatkan kemampuan pemahaman konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit pada siswa kelas X SMA di Kota Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012, diperoleh rata-rata kemampuan daya serap pemahaman konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit pada siswa SMA Negeri 3 Kota Gorontalo = 81,42%, SMA Negeri 1 Kota Gorontalo = 65,59 %, SMA Negeri 2 Kota Gorontalo = 65.32%, SMA Negeri 4 Kota Gorontalo = 56,32%. Secara keseluruhan hanya siswa SMAN 3 yang memiliki kemampuan daya serap > 70%.
Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman, Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit
Download berkas