Penulis / NIM
MURATNI ISMAIL / 441407047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
Abstrak
Muratni Ismail, 2012. Meningkatakan hasil belajar ikatan kimia dengan menerapkan strategi pembelajaran peta konsep pada siswa kelas X di SMA Negeri I Telaga. Skripsi, jurusan pendidikan kimia program pendidikan strata I (SI), Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Dr.Lukman A.R.Laliyo, M.Pd.MM , Pembimbing II La Alio, S.Pd, M.Si.
Karakteristik materi kimia berbeda dengan pembelajaran lain sehingga menjadikan ilmi kimia itu merupakan pelajaran yang sangat sulit, salah satunya adalah materi ikatan kimia. Atas dasar inilah maka dituntut kemampuan dan ketrampilan seorang guru untuk mampu menciptakan suatu pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa dan konsep karakteristik ilmu kimia yang dibelajarkan. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model-model atau strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa secara aktif untuk mempelajari materi tersebut. Salah satu strategi yang digunakan disini yaitu strategi pembelajaran peta konsep. Strategi yang digunakan untuk membantu siswa dalam mengorganisasikan konsep pelajaran berdasarkan arti dan hubungan antara komponen. Hubungan antara satu konsep dengan konsep lain yang dikenal dengan proposisi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia dengan menggunakan strategi peta konsep. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Negeri I Telaga yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 25 orang perempuan.
Pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep ini hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia meningkat dari siklus I ke II, hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada sisklus I sebesar 80,09 % dan pada siklus II 85,79 %.
Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu “dengan menggunakan strategi peta konsep dalam mempelajari materi tentang ikatan kimia, maka hasil belajar siswa meningkat”.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, strategi peta konsep, Ikatan Kimia
Download berkas