Penulis / NIM
NURBAETI ALIMUDDIN / 441407052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Abstrak
ABSTRAK
Nurbaeti Alimuddin, 2015."Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (Suatu penelitian di kelas XI IPA1 SMA Prasetya Gorontalo T.P 2013/2014). Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Weny JA Musa, M.Si dan Pembimbing 11 Drs. Mardjan Paputungan, M.Si.
Mengacu pada hasil belajar siswa yang tergolong rendah, perlu diupayakan pemecahan masalah dan penyelesaiannya. Salah satu alternatif dalam memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw, sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Prasetya Gorontalo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 orang, 2 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dengan mengikutsertakan seorang guru mitra sebagai pengamat.
Kriteria keberhasilan penelitian adalah 80% siswa memperoleh nilai 70 serta pengamatan terhadap kegiatan guru dan siswa mencapai 85% maka tindakan dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 86,36%.
Kata Kunci :
Hasil Belajar Siswa, Tipe Jigsaw, Laju reaksi.
Download berkas