Penulis / NIM
SEFTIANTI HADIA / 441407063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
Seftianti Hadia.2012. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe NHT Pada Hasil Belajar Konsep Persamaan Reaksi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai Tahun Pelajaran 2011/2012". Jurusan pendidikan kimia, Fakultas matematika dan ipa, Universitas Negeri Gorotalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Ishak Isa,M.Si, pembimbing 2 La Alio,S.Pd.M.Si.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Semester 1 (ganjil) SMA Negeri 1 Bonepantai yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas X-1 dan kelas X-2 kemudian kelas X-3 sebgai kelas ujicoba instrumen. Pada kelas X-1 diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sedangakan pada kelas X-2 diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, relibilitas, dan taraf kesukarannya.
Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Menurut hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 2,143 dan ttabel = 2,016 dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 26 + 26 – 2 = 50. Jelas thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima dalam taraf nyata 0,05 artinya hasil belajar siswa pada materi persamaan reaksi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar konsep persamaan reaksi siswa kelas X SMA Negeri I Bonepantai tahun pelajaran 2011/2012.
Kata kunci: Hasil belajar, Metode Jigsaw, Metode NHT
Download berkas