Penulis / NIM
SRI HAYATI TALIPI / 441407067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Abstrak
ABSTRAK
Sri Hayati Talipi. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Stoikiometri Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Mengacu pada hasil belajar siswa yang tergolong rendah, perlu diupayakan pemecahan masalah dan penyelesaiannya. Salah satu alternatif dalam memecahkan masalah tersebut yakni dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Stoikiometri dengan menerapkakan model pembelajaran cooperative script. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X – 1 SMA Negeri 2 Gorontalo Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 orang, yang terdiri dari siswa laki-laki 10 orang dan perempuan 19 orang. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, yang diamati oleh guru mitra yakni guru mata pelajaran di sekolah tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script Hasil belajar siswa kelas X - 1 SMA Negeri 2 Gorontalo meningkat yakni dari 48,28 % pada Siklus I menjadi 86,21 % pada Siklus II. Hal ini sudah melebihi Standar Kelulusan Sekolah yaitu ? 70 %.
Kunci: Cooperative script, Hasil Belajar Siswa, Stoikiometri.
Download berkas