Penulis / NIM
ANJARSARI / 441408003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Anjarsari (2012) “ Identifikasi kesulitan siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia dengan menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument pada SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata 1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd pembimbing II Julhim Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia dengan menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriftif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA2, XI IPA3 dan XI IPA4. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan persentase, kesulitan siswa memahami konsep tentang materi kesetimbangan kimia adalah (1) kesetimbangan dinamis 84,61%, (2) reaksi reversible dan reaksi irreversible 36,15%, (3) membedakan kesetimbangan homogen dan heterogen 11,53%, (4) menuliskan ungkapan tetapan kesetimbangan homogen dan heterogen 80,81%, (5) menghitung nilai tetapan kesetimbangan 100%, (6) menuliskan tetapan parsial 84,61%, (7) menentukan hubungan Kc dan Kp 29,23%, (8) konsep menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia 67,68%.
Kesulitan siswa SMA Negeri 3 Gorontalo dalam memahami materi kesetimbangan kimia termasuk kategori tinggi yakni dengan rata-rata adalah 61,82%.
Kata kunci :
Kesulitan, Kesetimbangan kimia, Two-tier multiple choice diagnostic instrument
Download berkas