Penulis / NIM
ARI SUTIONO / 441408004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
ABSTRAK
Arisutiono. 2013. Identifikasi Kesalahan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo pada Materi Laju reaksi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan persentase bentuk kesalahan pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo . Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Analisis data untuk mengidentifikasi kesalahan pemahaman konsep siswa pada materi laju reaksi diukur dengan lima indikator yang di sesuaikan dengan materi laju reaksi yaitu pengertian laju reaksi, laju reaksi pembentukan senyawa, faktor-faktor yang mempengeruhi laju reaksi, orde reaksi, serta persamaan dan tetapan laju reaksi. Dalam penelitian ini didapatkan persentase rata-rata kesalahan pemahaman konsep siswa pada materi laju reaksi sebesar 88,86 % dimana kesalahan siswa pada indikator pertama yaitu pengertian laju reaksi sebesar 90,01 %, pada indikator kedua yaitu laju reaksi pembentukan senyawa sebesar 39,53 %, pada indikator ketiga yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi sebesar 37,43 %, pada indikator keempat yaitu orde reaksi sebesar 66,57 %, dan pada indikator kelima yaitu persamaan dan tetapan laju reaksi sebesar 43,7 %. Siswa yang memiliki pengetahuan konsep yang baik pada materi laju reaksi sebanyak 11,14 %. Dengan demikian dapat di kategorikan pemahaman siswa SMA Negeri 1 Gorontalo pada pokok bahasan laju reaksi sangat rendah sesuai krikteria Monangin.
Kata kunci : Laju reaksi, Kesalahan konsep.
Download berkas