Penulis / NIM
ASMIYANTI HAMID / 441408005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE AMAN, M.Si / 0021047704
Abstrak
ABSTRAK
Asmiyanti Hamid, 2012. Hubungan antara Kemampuan Pemahaman Mikroskopis dengan Kemampuan menyelesaikan soal-soal hitungan konsep hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd, (2) La Ode Aman, S.Pd,M.Si
Tujuan penelitian ini adalah a) untuk mengetahui Kemampuan Pemahaman Mikroskopis konsep hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA. (b) untuk mengetahui Kemampuan menyelesaikan soal-soal hitungan konsep hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA. (c) untuk mengetahui hubungan antara Kemampuan Pemahaman Mikroskopis dengan Kemampuan menyelesaikan soal-soal hitungan konsep hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga. Motede penelitian yang digunakan adalah menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga sebanyak 150 orang yang tersebar pada 5 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 29 orang yang diambil secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrument yaitu : (1) Tes kemampuan pemahaman mikroskopis dan (2) Tes kemampuan menyelesaikan soal-soal hitungan konsep hidrolisis garam. Hasil uji validasi tes pemahaman mikroskopis menunjukan validasi isi tes = 100% dan tes kemampuan menyelesaikan soal-soal hitungan = 100%. Hasil pekerjaan sampel dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Dari hasil analisis diketahui kemampuan pemahaman mikroskopis siswa termasuk kategori tinggi (74,14%). Kemampuan menyelesaikan soal-soal hitungan konsep hidrolisis garam termasuk kategori rendah (27,24%). Dan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman mikroskopis tidak mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal hitungan konsep hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga tahun ajaran 2011/2012, menunjukan persamaan regresi diperoleh Fhiung = 1,004, untuk taraf nyata ? = 0,05 dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 27 diperoleh Ftabel = 4,21. Maka regresi tidak signifikan, karena Fhitung = 1,004 < Ftabel = 4,21, berarti persamaan regresi Y = 41,64 – 0,21X tidak signifikan (tidak berarti).
Kata Kunci: Kemampuan pemahaman mikroskopis, hidrolisis garam, kemampuan menyelesaikan soal-soal hitungan.
Download berkas