Penulis / NIM
DOLI FERANIKA / 441408009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Doli Feranika. 2012. Pemetaan Struktur Pengetahuan Siswa untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Konsep Kesetimbangan Kimia. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, M.M.
Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman dan hasil pemetaan struktur pengetahuan berkenaan dengan konsep-konsep Kesetimbangan Kimia siswa kelas XI IPA SMAN di Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini secara keseluruhan berjumlah 534 siswa. Masing-masing SMAN 1 Gorontalo (187 Siswa), SMAN 2 Gorontalo (90 Siswa), SMAN 3 Gorontalo (195 Siswa) dan SMAN 4 Gorontalo (65 Siswa). Sampel penelitian ini secara keseluruhan berjumlah 103 Siswa. Masing-masing SMAN 1 Gorontalo (22 Siswa), SMAN 2 Gorontalo (25 Siswa), SMAN 3 Gorontalo (28 Siswa) dan SMAN 4 Gorontalo (28 Siswa). Instrumen yang digunakan adalah Tes Penguasaan Konsep Kesetimbangan Kimia yang berjumlah 9 item soal essay. Tes tersebut dianalisis menggunakan persentase dan Knowledge Space Theory (KST).
Pada penelitian ini diperoleh gambaran kemampuan pemahaman siswa kelas XI IPA SMAN di Kota Gorontalo yaitu siswa tidak menguasai konsep kesetimbangan kimia yang dibuktikan dengan perolehan jawaban benar siswa yang sangat rendah (26,59%). Kemudian, peta struktur pengetahuan siswa kelas XI IPA SMAN di Kota Gorontalo memperoleh learning pathway (jalur pembelajaran) RK2-RK3-KS-TK2-TKT. Jalur pembelajaran tersebut tidak teratur, tidak berjenjang, dan tidak terkait. Sehingga tidak memenuhi kaidah jalur pembelajaran yang disarankan para ahli.
Kata kunci: Pemetaan, Struktur Pengetahuan, Knowledge Space Theory (KST), Kesetimbangan Kimia.
Download berkas