Penulis / NIM
FITRIA NURAPRILIA SUKATA / 441408014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Fitria Nuraprilia Sukata. 2012. Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Termokimia (Asas Kekekalan Energi), (Penelitian Deskriptif Pada Siswa Kelas XI Ilmu Alam SMA Negeri di Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Nita Suleman, ST, MT dan Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, MM.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan demensi gaya belajar siswa kelas XI Ilmu Alam SMA Negeri di Kota Gorontalo T.A 2011/2012, mendeskripsikan kecenderungan gaya belajar yang dominan dimiliki oleh siswa kelas XI Ilmu Alam SMA Negeri di Kota Gorontalo T.A 2011/2012, dan mendeskripsikan kecenderungan kelompok gaya belajar siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal termokimia dengan persentase lebih baik (? 60%). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI Ilmu Alam SMA Negeri di Kota Gorontalo T.A 2011/2012. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu Alam (IA) yang diambil secara acak (random) sebanyak satu kelas dari masing-masing sekolah yang terdapat di SMA Negeri Kota Gorontalo. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling. Dari hasil uji coba instrumen tes diperoleh validitas isi sebesar 90,47% dan koefisien reliabilitas 0,93.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi gaya belajar yang dominan dimiliki siswa kelas XI Ilmu Alam SMA Negeri di Kota Gorontalo T.A 2011/2012 adalah aktif, sensing, visual serta global dengan berbagai kecenderungan gaya belajar yaitu ada yang ringan, sedang dan kuat. Rata-rata daya serap siswa SMA Negeri di Kota Gorontalo dalam menyelesaikan soal-soal termokimia berada < 60%. Adapun untuk siswa yang memiliki rata-rata daya serap ? 60% dalam menyelesaikan soal-soal termokimia baik dalam kecenderungan yang ringan, sedang maupun kuat, untuk SMA Negeri 1 Gorontalo dominan pada dimensi Reflektif, Sensing, Visual dan Sequential. Untuk SMA Negeri 2 Gorontalo dominan pada dimensi Aktif, Sensing, Verbal dan Global. Untuk SMA Negeri 3 Gorontalo dominan pada dimensi Aktif, Sensing, Visual dan Sequential. Untuk SMA Negeri 4 Gorontalo dominan pada dimensi Reflektif, Intuitif, Visual dan Global. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan, (1) Melihat rendahnya persentase kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal termokimia, maka hendaknya guru perlu memodifikasi gaya pengajarannya untuk mengakomodasi gaya belajar semua siswa di kelas, (2) Bagi siswa hendaknya menyadari kecenderungan gaya belajarnya untuk memilih cara belajar yang paling efektif sesuai kebutuhannya, (3) Mengingat keterbatasan dalam penelitian ini, maka perlu dilakukan penelitian yang sejenis dengan penelitian ini dengan lebih merujuk pada gaya belajar tiap individu serta lebih mengarah pada faktor lain seperti umur jenis kelamin, suku dan tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi lain pada mata pelajaran kimia.
Kata kunci : Gaya Belajar Siswa, Termokimia
ABSTRACT
Fitria Nuraprilia Sukata. 2012. An Analysis Of Students Learning Style Trend To Solve Thermo Chemistry Questions (Principle Of Conservation Of Energy). (Descriptive Study At The 11th Grade Science Students Sma Negeri Kota Gorontalo, Academic Year 2011/2012). Study program of Chemistry Education. Department of Chemistry Education. Faculty of Mathematics and Science. Gorontalo State University. Supervisor: Nita Suleman ST, MT., Co-Supervisor Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, MM.
The objectives of this study are to describe students learning style dimension at the 11th grade science students SMA Negeri Kota Gorontalo academic year 2011/2012, to describe students dominant learning style trend at the 11th grade science students SMA Negeri Kota Gorontalo academic year 2011/2012, to describe students learning style group at the 11th grade science students SMA Negeri Kota Gorontalo academic year 2011/2012 to solve thermochemistry questions (? 60%). This study is using descriptive method. Population in this study is the whole students of the 11th grade science students SMA Negeri Kota Gorontalo academic year 2011/2012. Sample of this study is using random sampling that is one class in each school. Technique of collecting the data is using simple random sampling. The test result is 90,47% validity and 0.93 reliability coefficient.
The result of the study shows that students learning style dimension at the 11th grade science students SMA Negeri Kota Gorontalo academic year 2011/2012 are active, sensing, visual, and global with the trend learning style are light, medium and strong. The students’ intake is around
Download berkas