Penulis / NIM
KOLMIATI / 441408024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
????Kolmiati, 2013. “Pengaruh Penggunaan Model Daur Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi “(Suatu Penelitian di SMA Negeri 2 Gorontalo ). Skripsi, Jurusan pendidikan kimia dibimbing oleh Dr. Hj Astin P. Lukum, M.Si dan Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si.
????
????Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh model daur belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 104 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terbagi 2 kelas yang terdiri atas kelas XI IPA2 kelas kontrol dan kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperiman, dengan masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrument tes berbentuk pilihan ganda. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan awal (pretes) dan tes hasil belajar (posttes). Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan mencari rata-rata, varians. Berdasarkan hasil analisis pengujian normalitas menunjukkan bahwa dalam taraf nyata 5% data terdistribusi normal. Dan untuk pengujian hipotesis, hasil analisis data menunjukkan bahwa pada taraf nyata 5 % dengan dk=66 diperoleh nilai Thitung= -5,52 < Ttabel (0,975)(66) =2,00. Dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model daur belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi.
????
Kata Kunci : Model Daur Belajar, Hasil Belajar Siswa, Laju Reaksi
Download berkas