Penulis / NIM
NOLCEAN THALIB / 441408035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
i
ABSTRAK
Nolcean Thalib. 2012. Identifikasi Kesulitan Memahami Konsep Asam Basa
Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Gorontalo Dalam Tahun Pelajaran
2011/2012. Skripsi, Program Pendidikan Strata 1 (S1) Jurusan Pendidikan Kimia
Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing
I Nita Suleman ST, MT dan Pembimbing II Julhim S.Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk (1)
mengetahui gambaran kesulitan siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Gorontalo
dalam memahami Materi Asam Basa, (2) untuk mengetahui konsep-konsep apa
saja yang sulit dipahami siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA
SMA Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 6 kelas yang
merupakan kelas homogen. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil
secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen. Hasil
uji validasi tes adalah 91.67% dan reliabilitas 0,79 %.
Hasil penelitian menunjukan gambaran siswa yang mengalami kesulitan dalam
memahami konsep asam basa Arrhenius sebanyak 29,78%; konsep asam basa
Brownsted-Lowry sebanyak 53, 72%; konsep asam basa konjugat sebanyak 29,
79%; konsep asam basa lewis sebanyak 82,27%; konsep kekuatan asam dan
hubungan Ka/Kb dengan ? sebanyak 75,74%; dan untuk konsep pH sebanyak
51,23%. Sedangkan konsep yang mungkin sulit dipahami siswa adalah
menjelaskan konsep asam basa Arrhenius, menjelaskan konsep dan
mengidentifikasi reaksi yang termasuk asam basa Brownsted-Lowry, menunjukan
reaksi yang termasuk asam1 basa1 dan asam2 basa2, menjelaskan asam basa
Lewis dan mengidentifikasi reaksi yang termasuk asam basa Lewis, menjelaskan
konsep kekuatan asam dan menyelesaikan soal dalam bentuk perhitungan, dan
menghitung harga pH dengan konsentrasi yang berbeda-beda.
Kata Kunci: Identifikasi, Kesulitan Siswa, Konsep Asam Basa
ii
ABSTRACT
Nolcean Thalib. 2012. Understanding Difficulty Identification of Acid-Base
Concept In Students Class XI IPA SMA I Gorontalo Academic Year 2011/2012.
Scription, Undergraduate Program (S1) Department of Chemistry Education
Faculty of Mathematics and Science, State University of Gorontalo (UNG).
Supervisor: Nita Suleman ST, MT and Co-Supervisor: Julhim S.Tangio, S.Pd,
M.Pd.
This descriptive study is aimed to (1) find difficulties description of student class
XI SMA I Gorontalo in understanding the Acid-Base concept, (2) to determine
what concepts that difficult to understand by students. The population in this
study is all of styudent in Class XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo academic year
2011/2012 consisting of six classes that are homogeneous class. Study sample
consisted of two classes are taken at random. Data collection techniques using as a
test instrument. The test validate results is 91.67%, and reliability is 0.79%.
The results showed description of students who have difficulty in understanding
the Arrhenius acid-base concept as much as 29.78%; Brownsted-Lowry acid-base
as much as 53, 72%; the concept of conjugate acid-base by 29, 79%; Lewis acidbase
concept as much as 82.27 %, the concept of acid strength and the relationship
Ka / Kb with ? as much as 75.74%, and for the concept of pH as much as 51.23%.
While the concept may be difficult to understand the students are to explain the
Arrhenius acid-base concept, explain and identify the concept of Brownsted-
Lowry acid-base reaction, showed reaction of acid 1 acid 2 and base 1 base 2,
describes reactions of Lewis acid-base and identify which include acid-base
Lewis, explains the concept of acid strength, resolve the matter with calculation
form, and calculate the pH with different concentrations.
Keywords: Identification, Student Difficulties, Acid-Base Concept
Download berkas