Penulis / NIM
NUR'AIN NANI / 441408038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
ABSTRAK
Nani, Nur’ain. (2012) “Identifikasi Kesalahan Konsep Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit pada Siswa SMA Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2011-2012”. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Dosen Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Dosen Pembimbing II La Alio, S.Pd, M.Si.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesalahan konsep dalam memahami materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dan Untuk mengetahui pola kesalahan konsep siswa dalam memahami materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 384 orang siswa, dan yang menjadi sampel yaitu 58 orang siswa, terdiri dari siswa kelas X3 berjumlah 29 orang dan siswa kelas XI IPA5 berjumlah 29 orang. Pada penelitian ini digunakan 2 instrumen sebagai alat pengumpul data, yaitu soal tes tertulis dan wawancara.
Persentase siswa kelas X dan XI IPA SMA Negeri 1 Telaga yang mengalami kesalahan konsep dalam memahami materi larutan elektrolit dan nonelektrolit sebanyak 71,16 %. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka masih banyak siswa yang mengalami kesalahan pemahaman dalam konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit. Dengan persentase jawaban rendah siswa secara keseluruhan adalah 71,16 %.
Sedangkan pola kesalahan konsep siswa dalam memahami materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yaitu siswa salah dalam mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan hantaran listriknya, siswa salah dalam memahami penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik, siswa salah dalam mendeskripsikan larutan elektrolit yang berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
Kata kunci: Kesalahan Konsep, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Download berkas