Penulis / NIM
SUHARDI HAMSIN / 441408049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Suhardi Hamsin. 2013 “Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Ipa SMA Prasetya Gorontalo pada Materi Hidrolisis Garam ”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Astin P. Lukum, M.Si dan pembimbing II: Hendri Iyabu, S.Pd, M.S.i.
Penelitian tersebut merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini bermaksud untuk meningkatan hasil belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam denga menggunakan metode Mind Mapping. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Prasetya Gorontalo yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 5 orang laki-laki.
Proses pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping ini hasil belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam meningkat dari siklus I ke siklus II, hal tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa siklus I sebesar 74,36% dan pada siklus II 82,35%.
Dari data hasil penelitian diatas, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu “Apabila guru menerapkan metode Mind Mapping pada materi Hidrolisis Garam, maka kualitas hasil belajar siswa akan meningkat”.
Kata kunci: Metode Mind Mapping, Hidrolisis Garam, Hasil Belajar Siswa
Download berkas