Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
ABSTRAK
Agustina Mooduto. 2014. Penerapan Pendekatan Inquiri Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah Batudaa. Gorontalo, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa M.Si dan pembimbing II Dr. Hj. Astin Lukum M.Si.
Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA SMA Muhammadiyah Batudaa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ada di kelas IX-IPA SMA Muhammadiyah Batudaa dengan menggunakan pendekatan Inquiri berbasis Lesson Study, tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikut sertakan beberapa guru pengamat (observer). Kriteria keberhasilan penelitian adalah 80% siswa yang mendapatkan nilai 70 keatas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Inquiri berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I pertemuan 1 hasil belajar siswa sebesar 50%, pertemuan kedua 66,66% dan menigkat pada siklus II pertemuan 1 menjadi 83,34%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Inquiri, Lesson Study, Koloid