Penulis / NIM
HAMID MAJELIS / 441409025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Abstrak
Hamid Majelis. 2013. “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Chemo-Entrepreneurship (CEP) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IA 1 SMA Negeri I Tapa Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Skripsi jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata 1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negari Gorontalo (UNG). Pembimbing I Dr. Astin Lukum, M.Si. Pembimbing II Dr. Yuszda K. Salimi, S.Si, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplemantasikan pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi dengan melalui model pembelajran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Rancangan penelitian yang digunakan adalah kaji tindak. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IA 1 SMA Negeri 1 Tapa tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada siklus I dari 22 siswa yang tuntas 31,81%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,27%. Hal ini sesuai dengan standar ketuntasan belajar siswa yakni 75% siswa yang tuntas harus mendapat nilai 75 dengan daya serap klasikal siswa pada siklus I 51,81% , sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 73,90%
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan kepada pengajar/guru sebagai tenaga pendidik agar dapat memilah dan memilih mengunakan metode yang tepat guna meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran kimia khususnya pada topik laju reaksi.
Kata kunci : Pendekatan Chemo-enterpreneurship(CEP), model kooperatif tipe STAD, laju reaksi
Download berkas