SKRIPSI

Penulis / NIM
KARIM SALAMA / 441409028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Abstrak
ABSTRAK Karim Salama. 2013. identifikasi kesalahan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal laju reaksi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paguyaman tahun ajaran 2013/2014. Skripsi, program pendidikan kimia strata 1(S1) Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II Dr. Yuszda K Salimi M.Si Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat kesalahan pemahaman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paguyaman dalam menyelesaikan soal-soal laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. populasi penelitian ini adalah Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paguyaman tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang dimabil secara purvose sampling. teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal laju reaksi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Paguyaman, kesalahan yang terjadi diantaranya pada indikator (1) menghitung konsentrasi, pada indikator ini kesalahan pemahaman yang dialami oleh siswa sebesar 41.8 %; (2) menganalisis faktor-faktor yang mmempengaruhi laju reaksi, pada indkator ini kesalahan pemahaman yang dialami oleh siswa sebesar 55.5 %. (3) menjelaskan pengaruh konsentrasi, suhu, luas bidang sentuh, terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan, pada indikator ketiga ini kesalahan pemahaman yang dialami oleh siswa sebesar 2.4 %; (4) membedakan energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunkan katalis dan tidak menggunkan katalis, untuk indikator ini kesalahan pemahaman yang dialami oleh siswa 20.8 %; (5) menentukan orde reaksi, untuk indikator kelima ini kesalahan yang dialami oleh siswa hanya 4.65 %; (6) menjelaskan peranan katalis dalam mahluk hidup dan industry, untuk indikator terakhir, tidak terdapat kesalahan pemahman, karena jawaban siswa yang diberikan siswa berdasarkan hasil analisis data siswa tidak memahami materi. Umumnya kesalahan yang dialami oleh siswa disebabkan salah menempatkan rumus dan konsep yang tidak dikuasai. Kata kunci : Kesalahan Pemahaman, Konsep Laju reaksi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011