Penulis / NIM
SRI WAHYUNI LUTFI / 441409043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
A B S T R A K
Sri Wahyuni Lutfi. 2015. Penerapan Strategi POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Kelas XI Mia1 SMA Negeri 1 Suwawa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata 1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi POE (Predict-Observe-Explain) pada materi laju reaksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa (sikap, pengetahuan dan ketrampilan) serta angket motivasi siswa. Analisis data dilakukan pengujian secara kualitatif dan dilaksanakan secara bertahap pada akhir kegiatan dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai rata-rata pengetahuan siswa pada siklus I sebesar 2,51 (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 3,29 (baik).(2) Nilai rata-rata kompetensi ketrampilan pada siklus I sebesar 3,28 (baik), meningkat pada siklus II menjadi 3,42 (baik), (3) Nilai rata-rata kompetensi sikap pada siklus I sebesar 2,72 (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 3,63 (baik), (4) Nilai rata-rata kinerja guru pada siklus I sebesar 2,69 (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 3,24 (baik), (5) motivasi siswa pada siklus I sebesar 71,90, pada siklus II meningkat menjadi 84,92. Hal ini berarti hasil belajar siswa pada siklus II telah melebihi target KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal). Kesimpulan, penerapan strategi POE (Predict-Observe-Explain) dalam kurikulum 2013 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta meningkatkan perkembangan struktur kognitif ketrampilan dan sikap siswa pada konsep-konsep kimia khususnya laju reaksi.
Download berkas