Penulis / NIM
ROBIN ARSAD / 441409051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
ABSTRAKRobin Arsad. 2014. Skripsi. Hubungan Epistemologi Sains Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Kimia Dasar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr Lukman AR Laliyo, M.Pd, M.M dan Pembimbing II Suleman Duengo, S.Pd, M.SI. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan epistemologi sains dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia dasar mahasiswa jurusan kimia fakultas metematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa kimia yang aktif pada tahun akademik 2013-2014 dan telah selesai memprogramkan mata kuliah kimia dasar sebanyak 228 mahasiswa yang tersebar pada semua angkatan yakni angkatan 2010-2013. Pengambilan sampel dilakukan secara Stratafied random sampling sebanyak 25 % dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebnyak 57 mahasiswa. Instrumen Epistemologi Sains dan Motivasi belajar berupa kuisioner atau angket likert-type. Analisis data dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan epistemologi sains dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kimia dasar. Berdasarkan hasil temuan ini, perlunya membentuk keyakinan Epistemologi Sains, dan proses belajar Sains yang sesuai kaidah dan bangkitkan implikasi teori dan praktek dalam proses belajar. selain itu juga mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan Motivasi Belajar kimia agar prestasi belajar bisa lebih meningkat. Kata Kunci: Epistemologi Sains, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Kimia Dasar
Download berkas