SKRIPSI

Penulis / NIM
VALES FITRI LIDIA SIHALOHO / 441409053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK Sihaloho, Vales Fitri Lidia. 2013. “Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding melalui Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tapa pada MateriKelarutan dan Hasil Kali Kelarutan”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan metode pembelajaran scaffolding melalui pendekatan problem posing pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tapa TA 2012-2013 yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikut sertakan seorang guru pengamat. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah minimal 80% dari seluruh aspek kegiatan guru dan siswa yang diamati mencapai target dan minimal 80% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas dengan daya serap rata-rata 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran scaffolding melalui pendekatan problem posing ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada siklus I persentase hasil pengamatan kegiatan guru sebesar 69,73% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,58%. Hasil pengamatan kegiatan siswa belajar siswa pada siklus I sebesar 67.91% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,84%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 55% dengan daya serap klasikal sebesar 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,36% dengan daya serap siswa sebesar 81,36%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu dengan menggunakan metode scaffolding melalui pendekatan problem posing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tapa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Scaffolding, Problem Posing.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011