Penulis / NIM
WIWIN APRIYANTI / 441409055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
APRIYANTI, WIWIN. 2016. "Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tibawa". Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttes control group desaign. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran dengan pendekatan induktif dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tibawa dengan hasil pretest sebagai covariat pada Materi Kesetimbangan Kimia. Sampel berjumlah 63 siswa yang tersebar di dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan induktif dan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen yaitu tes materi kesetimbangan kimia. Hasil uji validitas tes menunjukkan sebanyak 20 soal yang valid dan hasil reliabilitas tes menunjukkan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu sebesar 0,99%. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan awal (pre-tes) dan tes hasil belajar (post-tes) . Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif data dan analisis kovarians (ANACOVA) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis deskriptif data untuk hasil belajar menunjukan bahwa skor rata-rata kelas eksprimen sebesar 83,17 lebih tinggi daripada skor rata-rata kelas kontrol sebesar 75,15. Hasil Analisis Covarians (Anacova) dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 60 diperoleh nilai Fhitung = 60 > dari Ftabel (0,05) (1,60) = 4,00 dan H0 di tolak.. Sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan induktif cenderung lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Induktif, Kesetimbangan Kimia
Download berkas