Penulis / NIM
JEIN ASRIYANTI ARBIE / 441409064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
Abstrak
Jein Asriyanti Arbie. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hidrokarbon Siswa Kelas X SMA Tridharma Gorontalo. Skripsi, Program Pendidikan Strata 1(S1) Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing 1 Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Tridharma Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013 yang siswanya berjumlah 18 orang.
Pelaksanaan proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus diadakan refleksi terhadap proses pembelajaran dengan meperhatikan kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I, maka perlu diadakan beberapa perbaikan pada siklus ke II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, menggunakan tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 12 orang siswa yang mengikuti tes hasil belajar, siswa yang memperoleh nilai 70 keatas jumlahnya 7 orang atau 58,3% dan memeperoleh nilai 70 kebawah jumlahnya 5 orang atau 41,7 % dengan daya serap klasikal yang diperoleh adalah 68,2 % sedangkan pada siklus II dari 14 orang siswa yang mengikuti tes hasil belajar, siswa yang memperoleh nilai 70 keatas jumlahnya menjadi
Download berkas