Penulis / NIM
RIATUN S MANANG / 441409068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
ABSTRAK
RIATUN S. MANANG. 2014. "Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, UNiversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, MM dan Pembimbing II La Alio, SPd. M.Si
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Gorontalo. Kota Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian terbagi 2 kelas yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Seluruh sampel berjumlah 49 siswa yang tersebar di dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas kontrol sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai intrumen yaitu tes materi laju reaksi. Hasil uji validitas tes menunjukkan sebanyak 20 soal yang valid dan hasil reliabilitas tes menunjukkan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu sebesar 0,919448. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan awal (pre-tes) dan tes hasil belajar (post-tes). Analisa data dilakukan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisa data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 47 diperoleh nilai thitung = 2.38 > ttabel = 2,00. Ho berada pada daerah penolakan atau dengan kata lain menerima H1. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual cenderung lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar laju reaksi siswa dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kontekstual, hasil belajar
Download berkas