SKRIPSI

Penulis / NIM
RIATUN S MANANG / 441409068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
ABSTRAK RIATUN S. MANANG. 2014. "Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, UNiversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, MM dan Pembimbing II La Alio, SPd. M.Si Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Gorontalo. Kota Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian terbagi 2 kelas yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Seluruh sampel berjumlah 49 siswa yang tersebar di dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas kontrol sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai intrumen yaitu tes materi laju reaksi. Hasil uji validitas tes menunjukkan sebanyak 20 soal yang valid dan hasil reliabilitas tes menunjukkan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu sebesar 0,919448. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan awal (pre-tes) dan tes hasil belajar (post-tes). Analisa data dilakukan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisa data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 47 diperoleh nilai thitung = 2.38 > ttabel = 2,00. Ho berada pada daerah penolakan atau dengan kata lain menerima H1. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual cenderung lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar laju reaksi siswa dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Kata kunci: kontekstual, hasil belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011