Penulis / NIM
FRANSISKA PIPII / 441409069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
ABSTRAK
Fransiska Pipii. 2013. Penerapan Model Learning Cycle dengan Menggunakan Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di Kelas X-5 SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi. Gorontalo, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Astin P. Lukum, M.Si dan Pembimbing II La Alio, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Tapa yang berjumlah 26 orang siswa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X-5 SMA Negeri 1 Tapa melalui penerapan model pembelajaran learning cycle menggunakan peta konsep. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 80% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 ke atas atau sama dengan 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas 57,14% dan meningkat pada siklus II menjadi 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle menggunakan peta konsep pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi dapat meningkatkan pemahaman siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Tapa.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Tata nama Senyawa dan Persamaan Reaksi, Siklus Belajar, Peta Konsep.
Download berkas