Penulis / NIM
HADIJAH LAHILOTE / 441409071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
ABSTRAK
Hadijah Lahilote. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil belajar pada materi koloid siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pinogaluman pada materi koloid. Skripsi Jurusan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Erni Muhamad S.pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI) pada materi koloid. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, berjumlah 42 siswa, dengan mengunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah "one group pre-test dan post-test". Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 15 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI) pada materi koloid. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji analisis korelasi dan parians (anakova). Berdasarkan kriteria pengujian tolak H0 jika Fhitung â Ftabel pada taraf signikansi 0,05. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI) pada kelas XI IPA I dan XI IPA 2 SMA N 1 Pinogaluman pada materi koloid. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh Fhitung = 13,8414 â Ftabel = 4,02 maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif( TAI) dan kimia koloid
Download berkas